Petunjuk

DESKRIPSI MODUL

Modul ini dikhususkan untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) kelas VII. Materi yang dijadikan pokok bahasan pembelajaran modul ini yaitu Pencemaran Lingkungan dengan diintegrasikan potensi lokal “Limbah Penyamakan Kulit” yang ada di Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Modul ini terdiri dari tiga kegiatan belajar. Kegiatan belajar pertama akan menguraikan tentang pencemaran air. Kegiatan belajar kedua akan menguraikan pencemaran udara. Serta kegiatan belajar ketiga akan menjelaskan pencemaran tanah.

 

PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL

  1. Tombol navigasi

    Tombol navigasi berada di baris nomor dua dari atas (dibawah tab bar). Terdiri dari tombol “back”, “next”, dan “reload” untuk menavigasi halaman-halaman yang ada pada modul ini. Sedangkan tombol “home” merupakan tombol untuk kembali ke beranda browser yang sedang Anda gunakan.
  2. Header modul

    Header modul berupa gambar, judul modul, dan slogan yang statis dan akan selalu muncul di setiap halaman modul, kecuali pada halaman yang di link ke website lain.
  3. Menu utama

    Menu utama terdiri dari :
    1. Beranda : berisi cover modul
    2. Petunjuk : berisi deskripsi modul, petunjuk penggunaan modul, dan petunjuk belajar.
    3. Peta Kompetensi : berisi Kompetensi Inti (KI), Kompetensi dasar (KD), dan Indikator Pencapaian Kompetensi.
    4. Pembelajaran : berisi sub menu kegiatan siswa berdasarkan materi masing-masing pertemuan.
    5. Uji Kompetensi : berisi sub menu soal latihan masing-masing pertemuan, evaluasi, dan kunci jawaban evaluasi.
    6. Author : berisi biodata penulis.
  4. Konten modul

    Konten modul berisi halaman yang berisi isi dari modul berdasarkan fungsi masing-masing tombol/menu.
  5. Kolom pencarian

    Kolom pencarian berada di samping menu utama dan bersifat statis atau selalu muncul pada setiap halaman modul, kecuali jika halaman di link menuju website lain. Fungsi dari kolom pencarian ini adalah untuk menemukan secara cepat konten modul yang diinginkan.
  6. Widget

    Widget berada di samping konten modul dan bersifat statis atau selalu muncul pada setiap halaman modul, kecuali jika halaman di link menuju website lain. Widget merupakan fitur bawaan dari sebuah website, bisa disebut fitur tambahan yang pada modul ini akan dijadikan sebagai tempat informasi pendukung dimuat.
    Informasi pendukung menyediakan bahan-bahan belajar diluar materi utama namun masih tetap terkait. Salah satu informasi pendukung yang dimuat adalah sejarah berdirinya industri penyamakan kulit di Kabupaten Magetan.

 

PETUNJUK BELAJAR

Untuk membantu Saudara dalam menguasai kemampuan di atas, materi dalam modul ini dibagi menjadi empat kegiatan belajar sebagai berikut :

Kegiatan belajar 1 : Pencemaran Air

Kegiatan belajar 2 : Pencemaran Udara

Kegiatan belajar 3 : Pencemaran Tanah

Anda dapat mempelajari keseluruhan modul ini dengan cara yang berurutan. Jangan memaksakan diri sebelum benar-benar menguasai bagian demi bagian dalam modul ini, karena masing-masing saling berkaitan.

Setiap kegiatan belajar dilengkapi dengan Soal Latihan. Soal Latihan menjadi alat ukur tingkat penguasaan Saudara setelah mempelajari materi dalam modul ini.

Jika anda belum menguasai 75% dari setiap kegiatan, maka anda dapat mengulangi untuk mempelajari materi yang tersedia dalam modul ini. Apabila anda masih mengalami kesulitan memahami materi yang ada dalam modul ini, silahkan diskusikan dengan teman atau guru anda.

 

Selamat mempelajari modul ini, semoga Saudara berhasil dan sukses selalu ^_^